Tentang Program Studi

 

  • Pendahuluan

Program Studi (S-1) Teknologi Informasi (Information Technology) adalah salah satu program studi yang berada di dalam ruang lingkup disiplin ilmu komputasi (computing disciplines) di samping bidang-bidang ilmu komputasi lainnya seperti Teknik Komputer (Computer Engineering), Ilmu Komputer (Computer Science), Sistem Informasi (Information Systems), dan Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).

Program Studi (S-1) Teknologi Informasi muncul untuk menjawab masalah yang timbul karena kurang memadainya ketersediaan lulusan yang mampu menangani kebutuhan akan teknologi informasi oleh bisnis dan organisasi-organisasi lainnya. Untuk menjawab kebutuhan ini, program studi Teknologi Informasi muncul untuk menghasilkan lulusan berkualifikasi spesialis teknologi informasi yang memiliki kombinasi yang benar antara pengetahuan dan praktek, yaitu keahlian terpakai untuk mengelola infrastruktur teknologi informasi organisasi dan orang-orang yang menggunakannya.

Tanggungjawab para spesialis teknologi informasi ini adalah untuk memilih produk-produk perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai untuk organisasi, mengintegrasikan produk-produk itu dengan kebutuhan organisasi dan infrastrutur, serta melakukan instalasi, penyesuaian, dan pemeliharaan aplikasi-aplikasi tersebut bagi para pengguna komputer organisasi. Sebagai contoh, spesialis teknologi informasi bertanggungjawab atas instalasi jaringan, administrasi dan keamanan jaringan, desain halaman-halaman web, pengembangan sumberdaya multmedia, instalasi komponen-komponen komunikasi, tinjauan atas sistem email, serta erencanaan dan pengelolaan siklus hidup teknologi yang harus dipelihara, diremajakan, dan diganti oleh teknologi yang dimiliki organisasi. Selain itu, lulusan program studi Teknologi Informasi juga dituntut untuk dapat menjawab kebutuhan perkembangan teknologi informasi yang berbasis teknologi wireless antara lain seperti: pengelolaan jaringan WiFi, mobile programming dan lain-lain.

  • Sejarah Singkat Program Studi Teknologi Informasi

Proposal pendirian program studi (S-1) Teknologi Informasi diajukan pada awal tahun 2007 dengan tujuan untuk menambah satu program studi lagi yang berada di lingkungan disiplin komputasi, di samping program studi Ilmu Komputer (S-1) yang telah didirikan sebelumnya pada tahun 2002. Namun pada masa itu, dalam aturan nomenklatur Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) nama program studi Teknologi Informasi belum dikenal. Program studi ini masih dikacaukan dengan nama program studi yang dikenal pada masa itu dengan nama program studi TEknik Informatika (Informatics), yang sebenarnya adalah nama lain dari program studi Ilmu Komputer (Computer Science). Setelah melalui diskusi dan pembahasan dengan pihak Dirjen Dikti, akhirnya keluarlah surat keputusan pendirian program studi dimaksud, tetapi dengan nama Program Studi Teknik Perangkat Lunak Strata-1 (S-1). Dengan demikian, Program Studi Teknik Perangkat Lunak (S-1) secara resmi didirikan pada tahun 2007 melalui SK DIKTI No. 1629/D/T/2007 tanggal 6 Juli 2007. Pada masa awal pembukaannya program studi ini dikelola di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alama Universitas Sumatera Utara (FMIPA USU).

Pada tahun 2007 akhir keluarlah Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 163/KEP/DIKTI/2007 tertanggal 27 November 2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi Perguruan Tinggi yang antara lain mengatur penamaan program studi (S-1) bidang komputer sebagai berikut: Teknik Informatika S-1, Sistem Komputer S-1, dan Sistem Informasi S-1. Dalam sistem penamaan ini terlihat bahwa tidak ada tempat untuk program studi (S-1) Ilmu Komputer dan Teknik Perangkat Lunak. Oleh karena itu, USU mengambil kebijakan untuk menyesuaikan penamaan kedua program studi ini menjadi Program Studi (S-1) Sistem Informasi untuk Ilmu Komputer dan Program Studi (S-1) Teknik Informatika untuk Teknik Perangkat Lunak.

Namun demikian, sistem penamaan yang diajukan oleh Dirjen Dikti tersebut mendapat tantangan dari berbagai perguruan tinggi, khususnya yang memiliki program studi bidang komputer disebabkan kontroversi yang timbul karena banyaknya program studi yang tidak terakomodasi dalam sistem penamaan yang baru tersebut. Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) akhirnya ikut menyelesaikan persoalan ini dengan mengajukan sistem penamaan dan penataan program studi bidang informatika dan komputer. Hasilnya adalah Surat Edaran Dirjen DIkti No. 1030/D/T/2010 tentang Penataan Nomenklatur Program Studi Psikologi, Komunikasi, Komputer dan Lanskap yang menetapkan bahwa program studi (S-1) bidang komputer seperti terlihat pada tabel di bawah ini.

Nama Program Studi Gelar Lulusan
Sistem Komputer S.T/S.Kom
Ilmu Komputer/Informatika S.Inf/S.Kom
Sistem Informasi S.SI
Teknologi Informasi S.TI
Rekayasa Perangkat Lunak S.Kom

Dengan keluarnya Surat Edaran Dirjen Dikti tersebut, perguruan tinggi penyelenggara bidang komputer dan informatika diberi kesempatan untuk menata ulang penamaan program studi yang dikelolanya. Universitas Sumatera Utara dengan demikian menetapkan kembali nama untuk kedua program studinya menjadi Program Studi (S-1) Ilmu Komputer dan Program Studi (S-1) Teknologi Informasi.

Seperti telah disebutkan pada bagian awal, kedua program studi Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi untuk sementara berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kedua program studi ini sejak awal memang diharapkan menjadi cikal bakal bagi pembukaan satu fakultas tersendiri yang berkonsentrasi pada bidang ilmu komputer dan teknologi informasi. Harapan ini menjadi kenyataan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Rektor USU No. 2360/UN5.1.R/SK/PRS/2011 tanggal 6 September 2011 tentang pembentukan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (disingkat: Fasilkom-TI) Universitas Sumatera Utara.