Program Studi Teknologi Informasi Meraih Penghargaan Program Studi Berprestasi dalam IKU 2020

 

Program Studi Teknologi Informasi Meraih Penghargaan Program Studi Berprestasi dalam IKU 2020

 

 

Medan, Humas Fasilkom-TI — Universitas Sumatera Utara (USU) memberikan penghargaan kepada fakultas dan program studi yang berprestasi dalam IKU 2020. Penghargaan ini diberikan pada kegiatan Apel rutin yang dilaksanakan di halaman depan Gedung Biro Pusat Administrasi USU pada hari Senin, 27 Desember 2021. Program Studi Teknologi Informasi menjadi salah satu program studi yang mendapatkan penghargaan pada apel kali ini.

Program Studi Teknologi Informasi mendapatkan penghargaan dalam kategori program studi dengan kontribusi terbanyak hasil kerja dosen/luaran yang digunakan masyarakat atau mendapatkan rekognisi internasional. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Rektor Universitas Sumatera Utara kepada Ketua Program Studi S1 Teknologi Informasi, Sarah Purnamawati ST., MSc.

Indikator Kinerja Utama (IKU) merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih konkret. Kebijakan tersebut juga menjadi alat ukur untuk mengakselerasi implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. IKU-PTN menjadi alat ukur sekaligus akselerator untuk pengembangan kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka yang telah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3, 4, 5, 6, dan 7 tahun 2020.

Rektor USU, Dr. Muryanto Amin., S.Sos., M.Si, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan komitmen USU mengapresiasi kerja keras dan dedikasi yang diberikan. “Kita akan memulai kebiasaan untuk bekerja sesuai dengan target capaian dengan pemberian penghargaan bagi mereka yang meraih prestasi, dan peringatan bagi mereka yang masih jauh dari target prestasi,” ucapnya.

Rektor berharap agar prestasi ini tetap dipelihara dan dapat menjadi motivasi bagi seluruh fakultas dan prodi lain yang berada di lingkungan Universitas Sumatera Utara (USU). “Pelihara target itu untuk tetap berada pada pusaran kinerja yang terbaik. Bagi yang belum, kami berharap upaya kerja kerasnya untuk dapat menemukan solusi dari permasalan yang ada,” kata Rektor.

Rektor mengajak seluruh sivitas akademika USU untuk memahami IKU yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek. Menurutnya, IKU adalah pedoman yang mendasari seluruh gerak langkah untuk mencapai produk. Dari indikator itu, dapat disusun rencana kerja dan anggaran untuk memperkuat produktivitas.

“Tahun depan kita berharap program kerja yang menyasar IKU bisa menunjukkan pertumbuhan yang signifikan,” tambahnya.

Ia menambahkan, tahun depan USU membutuhkan pemikiran baru yang fresh untuk mengakomodasi seluruh perubahan di ruang kelas dan perubahan penggunaan teknologi. Menurutnya, perguruan tinggi sebagai institusi yang memproduksi SDM dituntut untuk menyesuaikan proses pembelajaran agar adaptif dengan dunia kerja dan industri