Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

 

 

Dua Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) Universitas Sumatera Utara berhasil mendapatkan beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021. Mereka mendapatkan beasiswa setelah melalui proses seleksi ketat dari 3.500 peserta dari seluruh Indonesia.

 

International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan program mobilitas internasional mahasiswa Indonesia. Program ini membuka kesempatan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi bereputasi manapun di dunia untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan minat dan cita-citanya. IISMA juga merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kemendikbud Ristek.

 

Dua mahasiswa Fasilkom-TI yang berhasil lolos seleksi IISMA tahun 2021 adalah:

·         Ruth C.P Sianipar (Teknologi Informasi 2018)

·         Arafah Nur Ihza (Teknologi Informasi 2019)

 

Kedua mahasiswa tersebut akan kuliah di universitas luar negeri berbeda. Ruth akan ke University of Limerick (Irlandia) dan Arafah akan ke University of Leicester (Inggris). Berdasarkan QS World University Rankings, University of Limerick berada di urutan 511 dunia, sedangkan University of Leicester saat ini menempati posisi 236 dunia.

 

Arafah mengungkapkan bahwa belajar di luar negeri merupakan salah satu impiannya sejak kecil. Lebih lanjut lagi, Arafah mengatakan bahwa ia juga mengidolakan Jamie Vardy yang merupakan pemain sepak bola di klub Leicester City. Keinginan itulah yang mendorongnya untuk mengikuti Program IISMA ini.