Biro Rektor Universitas Sumatera Utara - support@example.com
previous arrow
next arrow
Slider

Tentang Program Studi

Program Studi (S-1) Teknologi Informasi (Information Technology) adalah salah satu program studi yang berada di dalam ruang lingkup disiplin ilmu komputasi (computing disciplines) di samping bidang-bidang ilmu komputasi lainnya seperti Teknik Komputer (Computer Engineering), Ilmu Komputer (Computer Science), Sistem Informasi (Information Systems), dan Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).

Program Studi (S-1) Teknologi Informasi muncul untuk menjawab masalah yang timbul karena kurang memadainya ketersediaan lulusan yang mampu menangani kebutuhan akan teknologi informasi oleh bisnis dan organisasi-organisasi lainnya. Untuk menjawab kebutuhan ini, program studi Teknologi Informasi muncul untuk menghasilkan lulusan berkualifikasi spesialis teknologi informasi yang memiliki kombinasi yang benar antara pengetahuan dan praktek, yaitu keahlian terpakai untuk mengelola infrastruktur teknologi informasi organisasi dan orang-orang yang menggunakannya.

Tanggungjawab para spesialis teknologi informasi ini adalah untuk memilih produk-produk perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai untuk organisasi, mengintegrasikan produk-produk itu dengan kebutuhan organisasi dan infrastrutur, serta melakukan instalasi, penyesuaian, dan pemeliharaan aplikasi-aplikasi tersebut bagi para pengguna komputer organisasi. Sebagai contoh, spesialis teknologi informasi bertanggungjawab atas instalasi jaringan, administrasi dan keamanan jaringan, desain halaman-halaman web, pengembangan sumberdaya multmedia, instalasi komponen-komponen komunikasi, tinjauan atas sistem email, serta erencanaan dan pengelolaan siklus hidup teknologi yang harus dipelihara, diremajakan, dan diganti oleh teknologi yang dimiliki organisasi. Selain itu, lulusan program studi Teknologi Informasi juga dituntut untuk dapat menjawab kebutuhan perkembangan teknologi informasi yang berbasis teknologi wireless antara lain seperti: pengelolaan jaringan WiFi, mobile programming dan lain-lain.