Profil Lulusan

Print

Hubungan antara profil lulusan dengan capaian pembelajaran yang diharapkan ditunjukkan pada tabel berikut.

No. Profil Deskripsi Profil sesuai dengan KKNI Level 6
1 Sistem Analis dan Programmer (System Analyst and Programmer)  Mengaplikasikan dan mengembangkan suatu aplikasi berbasis web, client-server, maupun mobile diberbagai platform pemrograman. Melakukan analyisis terhadap suatu masalah kemudian menyelesaikan masalah tersebut di dalam lingkup teknologi informasi
 2 Manajer Database (Database Manager) Membuat desain, mengatur, dan mengimplimentasikan database management system, melakukan autorisasi terhadap akses data. Menerapkan dan membangun skema database yang memiliki backup atau disaster recovery system.
3 Manajer Jaringan (Network Manager) Mampu membangun prosudur dan standard di dalam jaringan komputer suatu organisasi, tanggap terhadap teknologi baru di bidang jaringan, mampu mengukur performa dan ketahanan jaringan.
4 Perancang Multimedia (Multimedia Designer) Mengaplikasikan dan membuat desain multimedia yang interaktif, mudah di gunakan, efektif dan sesuai, baik dalam satu ataupun banyak platform. Multimedia disini bisa meruapakan text, citra, audio, video, animasi (augmented dan virtual reality)
5 Konsultan IT Memiliki kemampuan di dalam perancangan suatu flow bisnis yang terintegrasi dengan bidang teknologi informasi. Menguasai design dan metodologi pembangunan suatu software atau system.
6 Manager IT (IT Manager) Mampu mengantisipasi arah perubahan teknologi informasi dan mengevaluasi serta mengkomunikasikan kesesuaian pemanfaatan teknologi baru bagi individu atau organisasi
7 Wirausaha IT (IT Enterpreneur) Membuat dan mengembangkan ide bisnis berbasis IT yang dapat menghasilkan income dengan mempertimbangkan invesor dari luar maupun dalam.
8 Peneliti Muda (Research Assistant) Memiliki kemampuan didalam mengkaji bidang ilmu, melakukan hal-hal teknis di dalam penelitian di univerisitas/lembaga penelitian.

  Capaian pembelajaran yang diharapkan dari lulusan program studi Teknologi Informasi ditunjukkan pada tabel berikut.  

CAPAIAN PEMBELAJARAN
SIKAP (Sikap dan Tata Nilai)
1.1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
1.2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
1.3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
1.4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
1.5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
1.6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
1.7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
1.8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
1.9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
1.10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
1.11 Menginternalisasi Tata Nilai Bintang Universitas Sumatera Utara
KETRAMPILAN UMUM S1 (Kemampuan Manajerial)
2.1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
2.2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
2.3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi IPTEK yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi , gagasan, desain, atau kritik seni
2.4 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
2.5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
2.6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
2.7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
2.8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, danMampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
2.9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
KETRAMPILAN KHUSUS (Kemampuan Kerja)
3.1 Mampu memahami IPTEKS di bidang teknologi informasi dan komunikasi
3.2 Mampu mendesain, suatu karya dengan menerapkan kaidah kemudahan dan estetika pengguna sehingga dapat yang mampu merepresentasikan keinginan pengguna secara menarik, mudah digunakan dan handal
3.3 Mampu merancang prosudur keamanan dan kepastian informasi yang valid dan aman pada sistem yang dibangun di lingkungan organisasi
3.4 Mampu mengelola administrasi / merancang / menganalisis database sesuai dengan kebutuhan perorangan atau organisasi
3.5 Mampu merancang suatu program menggunakan berbagai teknik pemrograman yang dapat di terapkan pada berbagai platform
3.6 Mampu menerapkan konsep-konsep teoritis dan empiris dalam menyelesaikan masalah di bidang teknologi informasi sesuai dengan kaidah yang benar
3.7 Mampu mengelola administrasi / merancang / menganalis keamanan jaringan sesuai dengan kebutuhan perorangan atau organisasi
3.8 Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menyelesaikan masalah secara sistematis dan terorganisasi dalam bidang teknologi informasi menggunakan bahasa pemrograman untuk menghasilkan solusi yang akurat, efektif, dan cepat
3.9 Mampu memecahkan masalah yang ada dengan menganalisis dan mengidentifikasi keperluan-keperluan komputasi secara komprehensif
3.10 Mampu merancang administrasi sistem pada organisasi mengikut keperluan dari pengguna secara menyeluruh
3.11 Mampu mengintegrasikan aplikasi yang ada untuk keperluan organisasi dan industri secara sistematis dan terorganisisr
3.12 Mampu mengaplikasikan ilmu di bidang teknologi informasi dan komunikasi untuk menciptakan lapangan kerja sesuai dengan nilai professionalisme, etika, legal, keamanan, isu sosial dan tanggung jawab
3.13 Mampu merancang sistem dengan menggunakan teknologi web yang sesuai dengan perkembangan industri dan organisasi yang memiliki nilai integratif, ekonomis, dan efektif
3.14 Mampu merancang sistem terpadu dengan pemanfaatan software, hardware, sensor secara akurat, dapat dipantau dan berguna untuk keperluan perorangan, organisasi maupun masyarakat
3.15 Melakukan pengolahan data menjadi informasi dan informasi menjadi pengetahuan untuk keperluan perorangan, organisasi maupun masyarakat secara valid dan teroptimalisasi
3.16 Mampu merancang aplikasi yang berbasis multimedia menggunakan kaidah virtualisasi citra dan graphik sehingga memiliki nilai inovasi yang tinggi.
PENGETAHUAN (Penguasaan Pengetahuan)
4.1 Menguasai konsep dan teori dasar bidang IT Fundamental (ITF)
4.2 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Human Computer Interaction (HCI)
4.3 Menguasai konsep dan penerapan bidang Information Assurance and Security (IAS)
4.4 Menguasai konsep dan penerapan bidang keahlian Information Management (IM)
4.5 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Interactive Programming and Technology (IPT)
4.6 Menguasai konsep dan teori dasar bidang Math and Statistics for IT (MSI)
4.7 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Networking (NET)
4.8 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Progamming Fundamentals (PF)
4.9 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Platform Technologies (PT)
4.10 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian System Administration and Maintenance (SAM)
4.11 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian System Integration and Architecture (SIA)
4.12 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Social and Professional Issues (SPI)
4.13 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Web System and Technologies (WST)
4.14 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Computer System (Computer Science)
4.15 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Intelligent System dan Machine Learning (Computer Science)
4.16 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Graphic and Visual Computing (Computer Science)

  Matriks capaian pembelajaran dan Profil Lulusan  

 NO. CAPAIAN PEMBELAJARAN System Analyst and Programmer Database Manager Network Manager Multimedia Designer IT Consultant IT Manager IT Enterpreneur Research Assistant
SIKAP (Sikap dan Tata Nilai)
1.1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; 1 1 1 1 1 1 1 1
1.2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; 1 1 1 1 1 1 1 1
1.3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila; 1 1 1 1 1 1 1 1
1.4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; 1 1 1 1 1 1 1 1
1.5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; 1 1 1 1 1 1 1 1
1.6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 1 1 1 1 1 1 1 1
1.7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 1 1 1 1 1 1 1 1
1.8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; 1 1 1 1 1 1 1 1
1.9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; 1 1 1 1 1 1 1 1
1.10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 1 1 1 1 1 1 1 1
1,11 Menginternalisasi Tata Nilai Bintang Universitas Sumatera Utara 1 1 1 1 1 1 1 1
KETRAMPILAN UMUM S1 (Kemampuan Manajerial)
2.1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; 1 1 1 1 1 1 1 1
2.2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; 1 1 1 1 1 1 1 1
2.3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi IPTEK yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi , gagasan, desain, atau kritik seni 1 1 1 1 1 1 1 1
2.4 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; 1 1 1 1 1 1 1 1
2.5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; 1 1 1 1 1 1 1 1
2.6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 1 1 1 1 1 1 1 1
2.7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; 1 1 1 1 1 1 1 1
2.8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, danMampu mengelola pembelajaran secara mandiri; 1 1 1 1 1 1 1 1
2.9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; 1 1 1 1 1 1 1 1
KETRAMPILAN KHUSUS (Kemampuan Kerja)
3.1 Mampu memahami IPTEKS di bidang teknologi informasi dan komunikasi 1 1 1 1 1 1 1 1
3.2 Mampu mendesain, suatu karya dengan menerapkan kaidah kemudahan dan estetika pengguna sehingga dapat yang mampu merepresentasikan keinginan pengguna secara menarik, mudah digunakan dan handal 1     1 1      
3.3 Mampu merancang prosudur keamanan dan kepastian informasi yang valid dan aman pada sistem yang dibangun di lingkungan organisasi   1 1     1    
3.4 Mampu mengelola administrasi / merancang / menganalisis database sesuai dengan kebutuhan perorangan atau organisasi   1     1 1    
3.5 Mampu merancang suatu program menggunakan berbagai teknik pemrograman yang dapat di terapkan pada berbagai platform 1     1       1
3.6 Mampu menerapkan konsep-konsep teoritis dan empiris dalam menyelesaikan masalah di bidang teknologi informasi sesuai dengan kaidah yang benar         1   1 1
3.7 Mampu mengelola administrasi / merancang / menganalis keamanan jaringan sesuai dengan kebutuhan perorangan atau organisasi     1          
3.8 Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menyelesaikan masalah secara sistematis dan terorganisasi dalam bidang teknologi informasi menggunakan bahasa pemrograman untuk menghasilkan solusi yang akurat, efektif, dan cepat 1             1
3.9 Mampu memecahkan masalah yang ada dengan menganalisis dan mengidentifikasi keperluan-keperluan komputasi secara komprehensif 1       1 1 1  
3.10 Mampu merancang administrasi sistem pada organisasi mengikut keperluan dari pengguna secara menyeluruh   1 1          
3.11 Mampu mengintegrasikan aplikasi yang ada untuk keperluan organisasi dan industri secara sistematis dan terorganisir 1       1 1 1  
3.12 Mampu mengaplikasikan ilmu di bidang teknologi informasi dan komunikasi untuk menciptakan lapangan kerja sesuai dengan nilai professionalisme, etika, legal, keamanan, isu sosial dan tanggung jawab         1 1 1  
3.13 Mampu merancang sistem dengan menggunakan teknologi web yang sesuai dengan perkembangan industri dan organisasi yang memiliki nilai integratif, ekonomis, dan efektif 1 1   1 1   1  
3.14 Mampu merancang sistem terpadu dengan pemanfaatan software, hardware, sensor secara akurat, dapat dipantau dan berguna untuk keperluan perorangan, organisasi maupun masyarakat             1 1
3.15 Melakukan pengolahan data menjadi informasi dan informasi menjadi pengetahuan untuk keperluan perorangan, organisasi maupun masyarakat secara valid dan teroptimalisasi             1 1
3.16 Mampu merancang aplikasi yang berbasis multimedia menggunakan kaidah virtualisasi citra dan graphik sehingga memiliki nilai inovasi yang tinggi.       1     1 1
PENGETAHUAN (Penguasaan Pengetahuan)
4.1 Menguasai konsep dan teori dasar bidang IT Fundamental (ITF) 1 1 1 1 1 1 1 1
4.2 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Human Computer Interaction (HCI) 1     1 1      
4.3 Menguasai konsep dan penerapan bidang Information Assurance and Security (IAS)   1 1     1    
4.4 Menguasai konsep dan penerapan bidang keahlian Information Management (IM)   1     1 1    
4.5 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Interactive Programming and Technology (IPT) 1     1       1
4.6 Menguasai konsep dan teori dasar bidang Math and Statistics for IT (MSI)         1   1 1
4.7 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Networking (NET)     1     1    
4.8 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Progamming Fundamentals (PF) 1             1
4.9 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Platform Technologies (PT) 1       1 1 1  
4.10 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian System Administration and Maintenance (SAM)   1 1          
4.11 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian System Integration and Architecture (SIA) 1       1 1 1  
4.12 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Social and Professional Issues (SPI)         1 1 1  
4.13 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Web System and Technologies (WST) 1 1   1 1   1  
4.14 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Computer System (Computer Science)             1 1
4.15 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Intelligent System and Machine Learning (Computer Science)             1 1
4.16 Menguasai teori dan penerapan bidang keahlian Graphic and Visual Computing (Computer Science)       1     1 1