Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Tim Perwakilan Fasilkom-TI Memenangkan Kompetisi Fordigi Hackathon Challenge 2023

Sebanyak tiga tim dari Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil memenangkan kompetisi Fordigi Hackathon Challenge 2023 yang diselenggarakan pada hari Selasa, 29 Agustus 2023, di Gedung Gelanggang Mahasiswa USU.

Fordigi Goes to Campus diselenggarakan oleh Jasa Raharja dan Forum Digital (Fordigi) Badan Usaha Milik Negara (BUMN). USU menjadi universitas keenam yang dikunjungi dalam kegiatan ini. Kegiatan Fordigi Goes to Campus City Chapter VI-Medan ini mengangkat tema "The Future of Digital Mortgage". Beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah seminar hybrid, kompetisi Fordigi Hackathon Challenge, kompetisi Deep Racer League, dan Call for Paper tentang Hukum Perlindungan Data Pribadi (PDP).

Fordigi atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Forti BUMN (Forum Teknologi Informasi BUMN) merupakan mitra Kementerian BUMN dalam mengembangkan ekosistem dan talenta digital berstandar global di BUMN. Fordigi didukung oleh Kementerian BUMN untuk mengkoordinasikan dan menyelenggarakan Program Talenta Digital BUMN.

Fordigi Hackathon Challenge adalah kompetisi yang bertujuan untuk menarik bakat digital dari kalangan mahasiswa yang mampu menjadi pemecah masalah untuk isu-isu di wilayah masing-masing. Lima program prioritas yang telah ditetapkan oleh Walikota Medan adalah kesehatan, manajemen infrastruktur, penanggulangan banjir & kebersihan, serta pembenahan kawasan cagar budaya serta pemberdayaan UMKM.

Pemenang pertama Fordigi Hackathon Challenge diraih oleh Tim Tanimed, salah satu anggotanya adalah mahasiswa Fasilkom-TI, yaitu Deza Banjarnahor dari Teknologi Informasi 2021. Tim Tanimed membawa solusi untuk mengatasi masalah salah satu dari lima program prioritas Kota Medan, yaitu program kesehatan di area fokus stunting. Tim Tanimed merancang solusi tersebut dalam prototipe dengan tingkat ketelitian tinggi yang disebut Endstunting. Fitur utama Endstunting adalah pelacakan dan pemantauan tumbuh kembang anak menggunakan kecerdasan buatan. Pada tahap berikutnya, Tim Tanimed akan menjadi perwakilan dari City Chapter Medan untuk berpartisipasi dalam Final Nasional Fordigi Hackathon yang akan diselenggarakan di Jakarta.

Juara 3 Fordigi Hackathon Challenge dimenangkan oleh Tim Parentify dengan dua dari tiga anggotanya adalah mahasiswa Fasilkom-TI, yaitu Deza Banjarnahor dan Ridopandi Sinaga dari Teknologi Informasi 2021.Tim Parentify membawa solusi tentang pengasuhan atau peran orang tua dengan menargetkan solusi dari permasalahan kota Medan pada program pertama yaitu kesehatan dan program keempat yaitu kebersihan. Tim parentify menghasilkan produk prototype high-fidelity dengan tujuan sebagai rancangan aplikasi pembelajaran dengan menerapkan kecerdasan buatan dengan menyesuaikan tingkat pemahaman pengguna tentang cara mengasuh.

Juara Favorit Fordigi Hackathon Challenge dimenangkan oleh Tim Techy Wizards yang diketuai oleh Andhika Mandalanta Saragih dan dua orang anggotanya yaitu Rani Widya Astuti dan Pieter Tanoto dari Ilmu Komputer 2021. Tim Techy Wizards mempresentasikan rancangan aplikasi dengan mendukung lima program prioritas Kota Medan pada program pertama yaitu kesehatan dan program keempat yaitu kebersihan. Rancangan aplikasi tersebut dibuat dengan tujuan untuk membantu masyarakat menemukan bank sampah terdekat secara online dan memberikan edukasi kepada masyarakat Kota Medan bagaimana cara mengelola sampah dengan baik.