Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk Mahasiswa Baru Angkatan 2023

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada tahun 2023 pada hari Jumat - Minggu, 18 - 20 Agustus 2023.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua tingkat kegiatan, yaitu tingkat Universitas dan tingkat Fakultas. Pada hari pertama, kegiatan dimulai di tingkat Universitas yang diselenggarakan di Mini Stadion USU. Acara dimulai dengan registrasi dan distribusi konsumsi, pembukaan oleh Pembawa Acara (MC), menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars USU, pembacaan doa, laporan ketua panitia PKKMB USU 2023, Doli Muhammad Jafar Dalimunthe SE., M.Si., sambutan oleh Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., dan pidato inspiratif oleh Fiki Naki. Kegiatan dilanjutkan dengan mobilisasi mahasiswa ke Fasilkom-TI.

Kegiatan di tingkat Fakultas diawali dengan penyambutan mahasiswa baru dengan laporan Ketua Panitia PKKMB Fasilkom-TI USU, sambutan Gubernur Mahasiswa Fasilkom-TI, dan sambutan Dekan Fasilkom-TI, Dr. Maya Silvi Lydia, B.Sc, M.Sc. Selanjutnya diputarkan video sosialisasi Pusat Prestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi (PUSPRESMA) dan Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA). Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang dan kegiatan kerohanian.

Pada hari pertama, materi pertama disampaikan oleh Dosen Fasilkom-TI, Pauzi Ibrahim Nainggolan, S.Komp., M.Sc., mengenai kehidupan bangsa, negara, dan pembinaan kesadaran bela negara. Presentasi materi pertama didasarkan pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Selanjutnya, materi disampaikan oleh Wakil Dekan I Fasilkom-TI, Dr. Mohammad Andri Budiman, S.T., M.Comp.Sc., M.E.M., mengenai sistem pendidikan tinggi di Indonesia dan pembelajaran di USU. Materi terakhir disampaikan oleh Dosen Fasilkom-TI, Jos Timanta Tarigan, S.Kom., M.Sc., mengenai pendidikan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan kampus. Dalam presentasinya, beliau menjelaskan peran universitas dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dan menerapkan elemen-elemen penting bagi universitas.

Hari kedua kegiatan dimulai dengan registrasi mahasiswa baru dan senam pagi bersama. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Wakil Dekan II Fasilkom-TI, Sarah Purnamawati S.T., M.Sc., mengenai kesadaran lingkungan dan kampus sehat. Dalam presentasinya, kampus yang sehat sendiri harus mencapai beberapa aspek atau poin penting seperti anti-korupsi, pembangunan karakter dan pembangunan kesehatan mental mahasiswa, serta kampus yang sehat. Selanjutnya, materi disampaikan oleh seorang dosen di Fasilkom-TI, Dewi Sartika Br Ginting, S.Kom., M.Kom., mengenai pengembangan karakter mahasiswa sebagai intelektual dan kekerasan (anti-perundungan). Materi terakhir disampaikan oleh Ketua Program Studi Ilmu Komputer, Dr. Amalia, S.T., M.T., mengenai nilai-nilai inti era digital. Kegiatan tersebut diisi dengan ice breaking, diikuti dengan pengenalan laboratorium-laboratorium di Fasilkom-TI dan Sistem Informasi Akademik (SIA).

Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang dan istirahat singkat, kemudian mahasiswa baru melakukan perjalanan keliling fakultas dan pengenalan program studi yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (IMILKOM) dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HIMATIF). Kegiatan hari kedua ditutup dengan permainan seru bersama komunitas akademik Fasilkom-TI dan acara kreasi.

Pada hari terakhir, serangkaian kegiatan kembali dilaksanakan di tingkat Universitas dimulai dengan registrasi mahasiswa baru, funwalk, penampilan tarian dan paduan suara El Shaddai, serta UKM Tari. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor USU, Ketua KPI Pusat, dan Ketua Komisi I DPR RI, penampilan mozaik dari masing-masing fakultas, talk show, undian berhadiah, peluncuran logo Peringatan Ulang Tahun ke-71 USU, penutupan PKKMB USU 2023, dan hiburan.