Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Fasilkom-TI Melakukan Eksplorasi Kerja sama dengan Perusahaan Startup Nasional

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan Eksplorasi Kerja sama dengan Perusahaan Startup Nasional yang berlangsung selama dua hari, pada tanggal 10-11 Agustus 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk merintis kolaborasi baru dengan industri berkualitas tinggi dalam rangka mendukung pendidikan, penelitian, dan sumber daya di lingkungan Fasilkom-TI secara lebih luas. Fasilkom-TI masih perlu menambah mitra industri untuk dapat memenuhi kebutuhan dunia industri dalam berbagai aspek. Dengan adanya kegiatan ini, Fasilkom-TI dapat meningkatkan pencapaian IKU Perguruan Tinggi. Selain itu, kualitas sumber daya, pendidikan, dan penelitian dapat ditingkatkan.

Pada hari pertama kunjungan, Fasilkom-TI menghadiri acara Artificial Intelligence Innovation Summit (AIIS) 2023 di Jakarta International Expo. Acara ini diselenggarakan oleh KORIKA (Kolaborasi Riset dan Inovasi Industri Kecerdasan Artifisial) dan CTIS (Center for Technology & Innovation Studies). Acara ini menggabungkan konferensi yang dinamis dan pameran yang imersif, yang menampilkan potensi kecerdasan buatan (AI) yang sangat besar di berbagai industri dan domain. AIIS 2023 menekankan empat misi kecerdasan buatan, yaitu melepaskan kekuatan kolaborasi untuk bangsa yang terus berubah, memberdayakan pemikiran luar biasa dengan karakter dan kompetensi, membangun ekosistem dan infrastruktur data, mendorong kemajuan nasional, serta menjunjung tinggi etika dan nilai-nilai untuk masa depan digital yang harmonis.

Selanjutnya, Fasilkom-TI mengadakan pertemuan dengan Wita Laksono, Senior Internet Resources Analyst di APNIC (Asia-Pacific Network Information Center) Company, untuk mendiskusikan poin-poin kerja sama yang mungkin dilakukan antara Fasilkom-TI dan APNIC. APNIC adalah Regional Internet Registry (RIR) untuk wilayah Asia Pasifik, yang mencakup 56 negara di Asia dan Oseania. APNIC mengelompokkan wilayah-wilayah tersebut ke dalam empat subkawasan: Selatan, Tenggara, Timur, dan Oseania. APNIC mempekerjakan anggota tim dari seluruh wilayah untuk membantu memahami dan menanggapi kebutuhan komunitas yang beragam. Tujuh negara di Asia Pasifik memiliki Pendaftaran Internet Nasional (National Internet Registries/NIR).

Di hari kedua, Fasilkom-TI mengunjungi perusahaan Alibaba Cloud. Alibaba Cloud adalah perusahaan cloud computing milik Alibaba Group, Alibaba Cloud Academy, lembaga pelatihan dan sertifikasi Alibaba Cloud, memberdayakan pelanggan, mitra, dan pengembang untuk meningkatkan kemampuan cloud mereka serta mendapatkan kepercayaan diri dan kredibilitas dengan menawarkan lebih dari 300 pelatihan online dan offline.

Alibaba Cloud Academy menyediakan kursus pelatihan khusus untuk membantu mitra bisnisnya, termasuk Mitra Reseller, Mitra Layanan, dan Mitra Teknologi, untuk meningkatkan pengetahuan cloud computing mereka, mendapatkan sertifikasi profesional terkemuka di industri, dan memperluas bisnis mereka di cloud. Kursus-kursus ini juga meningkatkan pemahaman para mitra tentang penawaran produk Alibaba Cloud. Setelah membahas poin-poin kerja sama antara Fasilkom-TI dengan Alibaba Cloud Company, Fasilkom-TI melakukan tur ke kantor Alibaba Cloud untuk melihat suasana kerja di perusahaan Alibaba Cloud dan diakhiri dengan saling bertukar cendera mata dengan pihak Alibaba Cloud Company.

Dengan mengadakan kegiatan ini, diharapkan akan terjadi kerja sama yang saling menguntungkan antara Fasilkom-TI dan perusahaan-perusahaan tersebut. Implementasi kerja sama nyata antara Fasilkom-TI dan perusahaan-perusahaan ini akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan sumber daya manusia. Selain itu, IKU universitas dapat tercapai.