Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Fasilkom-TI Mengadakan Kuliah Umum tentang Internet of Things (IoT): Implementasi & Tantangan untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa

Medan, Humas Fasilkom-TI  Program Studi S1 Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara (Fasilkom-TI USU) menyelenggarakan kuliah umum bertajuk "Internet of Things (IoT): Implementasi & Tantangannya" pada Senin, 16 Desember 2021 melalui platform daring (Zoom). Kuliah umum ini mengundang Octaf Agni Dhewa, S.Si, M.Cs, dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta.

Internet of Things adalah sebuah konsep atau program dimana sebuah benda memiliki kemampuan untuk mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan komputer dan manusia. Internet of Things atau yang sering disebut dengan IoT saat ini mengalami banyak perkembangan. Perkembangan IoT dapat dilihat mulai dari tingkat konvergensi teknologi wireless, microelectromechanical (MEMS), internet, dan QR (Quick Responses) Code. IoT juga sering diidentikkan dengan RFID (Radio Frequency Identification) sebagai metode komunikasi.

Kuliah umum ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen Fasilkom-TI. Kuliah umum ini dibuka oleh Dr. Amalia, ST, M.T. selaku Ketua Program Studi Ilmu Komputer. Kemudian, dipandu oleh Hayatunnufus, S.Kom, M.Cs. selaku moderator. Pembicara menyampaikan materi yang berfokus pada pengenalan IoT, implementasinya, dan tantangan yang akan dihadapi. Setelah penyampaian materi, diadakan sesi tanya jawab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi.

Dengan diadakannya kuliah umum ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa, dosen dan peneliti di USU, khususnya di Fasilkom-TI dalam memahami konsep Internet of Things (IoT).