Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Fasilkom-IT Bekerjasama dengan DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) KEPUL

Medan, Humas Fasilkom-TI  Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara (Fasilkom-TI USU) menjalin kerjasama dengan salah satu DUDI yaitu KEPUL pada hari Jumat, 15 Oktober 2021. KEPUL merupakan merek dagang dari CV. Indonesia Bebas Sampah dan salah satu startup yang sedang berkembang yang bergerak di bidang pengumpulan dan pengelolaan sampah.

Aplikasi Kepul merupakan aplikasi yang berusaha mengoptimalkan jual beli sampah yang dapat didaur ulang. Aplikasi ini digunakan oleh masyarakat yang ingin menjual sampah dan juga digunakan oleh para pengepul, pengepul adalah mereka yang mencari nafkah dengan cara membeli sampah dari masyarakat untuk kemudian sampah tersebut dijual kembali ke pengepul besar atau pabrik daur ulang sampah. Biasanya mereka menggunakan becak atau motor untuk berkeliling mencari masyarakat yang mau menjual sampahnya. Hanya di Kepul, masyarakat bisa menjual lebih dari 30 jenis sampah organik dan non-organik.

Dalam proses menjalin kerjasama ini, Fasilkom-TI juga melakukan Focus Group Discussion. Tujuan dari kegiatan Focus Group Discussion dengan DUDI ini adalah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan potensi yang ada di kedua belah pihak sehingga dapat membentuk sinergi yang positif dan saling mengisi serta memperbaiki kelemahan masing-masing sehingga kedua belah pihak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa anggota tim Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Padangsidimpuan untuk membahas kerjasama dalam beberapa hal dengan Tim Fasilkom-TI. Dari pihak Fasilkom-TI, dihadiri oleh Wakil Dekan 1 dan Wakil Dekan 3, staf ahli, serta staf pengajar Fasilkom-TI.

Hasil dari kegiatan ini adalah kesepakatan untuk menjalin kerjasama dalam beberapa hal, salah satunya adalah menjalin kerjasama dalam hal kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dimana KEPUL membuka kesempatan kepada mahasiswa Fasilkom-IT untuk dapat bergabung dan magang di KEPUL. Hasil dari FGD ini berupa draft MOA dengan KEPUL terkait magang MBKM untuk semester genap yang ditandatangani oleh Dekan Fasilkom-IT, Kaprodi Ilmu Komputer dan Kaprodi Teknologi Informasi.

Dalam kesempatan ini, Fasilkom-TI juga berharap kedepannya dapat bekerja sama dengan KEPUL dalam bidang pengembangan penelitian dalam rangka menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.