Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Tim Scolar Raih Medali Perak di PIMNAS ke-36

Tim Smart Comic Learning Berbasis Augmented Reality (Scolar) dari Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) Universitas Sumatera Utara meraih medali perak dalam kompetisi kategori poster pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-36 (PIMNAS) yang diselenggarakan pada tanggal 27-30 November 2023 di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Tim Scolar berpartisipasi dalam dua kategori kompetisi, yaitu presentasi dan poster. Poster yang dibuat oleh Tim Scolar membahas latar belakang dan tujuan kehadiran Scolar sebagai edukasi pencegahan perundungan, membahas implementasi kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa - Kewirausahaan (PKM-K) yang telah dilaksanakan dari Juni - November 2023, dan keunggulan produk inovatif yang telah dibuat.

Sebelum mencapai kemenangan ini, Tim Scolar telah melalui banyak hal seperti pemasaran, grafik penjualan, analisis, keuangan, dan keberlanjutan bisnis. Keunggulan dari produk inovatif yang mereka buat sangat menjanjikan, yaitu produk berupa komik berwarna, alur cerita yang dikemas dalam penyelesaian misi, aplikasi berbasis AR dengan karakter 3D dan voice over, permainan interaktif, kuis mini, dan artikel tentang perundungan.

Rencana untuk tahap selanjutnya dari produk yang telah dibuat adalah menambah seri publikasi komik dan melakukan promosi di 128 sekolah dasar (SD) di Kota Binjai sesuai dengan hasil rapat dengan Dinas Pendidikan Kota Binjai yang telah dilakukan. Adapun rencana lanjutan, Tim Scolar ingin memperluas ekspansi pasar dan mendirikan entitas bisnis.

Tim Scolar menjelaskan bahwa PIMNAS adalah acara yang sangat penting bagi mahasiswa Indonesia. Selain dapat mengharumkan nama baik universitas, berpartisipasi dalam PIMNAS dapat menambah relasi dan jaringan dengan universitas-universitas di luar Sumatera. Mereka juga menambahkan, bagi mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam PIMNAS, mereka dapat mempersiapkan diri sejak sekarang dan mulai membentuk tim serta ide inovasi.