Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Rayakan Dies Natalis ke-10, Dekan Tekankan Pentingnya Kolaborasi dan Inovasi

Medan, Humas Fasilkom-TI — Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) Universitas Sumatera Utara (USU) merayakan Dies Natalis yang ke-10. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid yang diikuti oleh para dosen, beberapa tenaga pendidik dan panitia secara offline di Fasilkom-TI USU. Sementara itu, para peserta mengikuti webinar secara daring melalui Zoom Meeting pada hari Sabtu (04/12).

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi USU, Dr. Maya Silvi Lydia B.SC., M.SC. Dalam kesempatan ini, Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi USU, Dr. Maya Silvi Lydia B.SC., M.SC. menyampaikan bahwa di Dies Natalis yang ke-10 tahun ini, Fasilkom-TI telah berusaha beradaptasi dengan perkembangan jaman, dari waktu ke waktu telah banyak prestasi yang diraih. Fasilkom-TI USU saat ini mengelola 5 program studi. Dari 5 tersebut, 2 program studi telah terakreditasi A. Jumlah mahasiswa aktif sebanyak 2.030 orang, lulusan yang berhasil diwisudakan sebanyak 2504 orang, dan yang sudah wisuda sebanyak 3076 orang.

"Mahasiswa Fasilkom-TI juga berperan aktif dalam berbagai jenis kompetisi di bidang IT, Business Plan, maupun kompetisi olahraga di tingkat nasional dan internasional, bahkan pernah menjuarai program kompetisi pemrograman tingkat dunia. Alumni Fasilkom-TI juga telah berkiprah di berbagai bidang baik di pemerintahan, pendidikan, BUMN, maupun sebagai pengusaha. Sudah 10 tahun kami berkolaborasi menghasilkan produk-produk inovatif. Di Dies Natalis Fasilkom-TI yang ke-10 ini, kita akan tingkatkan kolaborasi untuk inovasi," ujar Dekan Fasilkom-TI.

Rektor USU Dr Muryanto Amin, SSos, MSi, berpesan kepada Fasilkom-TI untuk terus membentuk karakter dan kompetensi sumber daya manusia yang tangguh dalam dunia TI dan Ilmu Komputer. "Fasilkom-TI telah berperan dalam meningkatkan kemajuan Ilmu Komputer dalam budaya industri baru yang sangat dibutuhkan saat ini," ujar Rektor pada perayaan Dies Natalis ke-10 Fasilkom-TI yang disiarkan melalui YouTube.

Rektor USU juga menyampaikan pandangan-pandangan penting agar Fasilkom-TI dapat melakukan transformasi Tridharma. Salah satunya adalah dengan merancang penataan kelembagaan yang selaras dengan program kerja prioritas 2021-2026 dan Rencana Strategis USU 2020-2024.

"Transformasi dalam pelaksanaan tugas Tridharma harus menjadi pola pikir baru bagi seluruh Civitas Academica Fasilkom-TI," katanya. Menurut Rektor, ilmu komputer dan teknologi informasi merupakan hal yang paling dibutuhkan untuk menemukan ide-ide konkret dalam menyelesaikan permasalahan di dunia industri dan masyarakat saat ini. "Oleh karena itu, terkait dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), para dosen harus memiliki metode pembelajaran yang mengasah kreativitas mahasiswa dan project based learning," lanjutnya.

Ia menegaskan bahwa ruang kelas di Fasilkom-TI harus sudah didesain untuk memenuhi dua indikator tersebut. Selain itu, transformasi keilmuan dosen dan mahasiswa harus fokus pada perancangan program untuk menghasilkan riset dan inovasi yang diarahkan untuk hilirisasi dan komersialisasi produk.

"Perubahan bisnis di bidang apapun saat ini sudah menggunakan kecerdasan buatan dan IoT, sehingga mengharuskan semua disiplin ilmu berkolaborasi dengan dunia IT. Disiplin ilmu IT tidak akan pernah hilang, bahkan disiplin ilmu lain pun dibutuhkan untuk meningkatkan program-program universitas," ujar Rektor.

Persiapan Dies Natalis Fasilkom-TI USU tahun ini juga melibatkan berbagai pihak dalam pelaksanaannya, mulai dari dosen, mahasiswa dan seluruh staf di lingkungan Fasilkom-TI USU. Kolaborasi ini sendiri juga dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahmi dan rasa persaudaraan seluruh Civitas Academica Fasilkom-TI. Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Gubernur Mahasiswa Fasilkom-TI, Muhammad Rivaldi. "Semoga Dies Natalis kali ini, dapat mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi seluruh Civitas Academica Fasilkom-TI Universitas Sumatera Utara. Mari kita semua membawa Fasilkom-TI menjadi unggul akreditasinya dan ketika sudah unggul, kita pertahankan bersama," ujar Rivaldi.