Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Kuliah Tamu dengan Mengundang Assoc. Prof. Dr. Alvin Maclidem, Ph.D. dari Don Mariano Marcos Memorial State University, Filipina

Medan, Humas Fasilkom-TI  Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara (Fasilkom-TI USU) menyelenggarakan program World Class Visiting Professor dengan melaksanakan Guest Lecture pada tanggal 22 Oktober, 29 Oktober dan 5 November 2021 secara daring (ZOOM). Kuliah tamu kali ini mengundang Assoc. Prof. Dr. Alvin Maclidem, seorang akademisi yang memiliki spesialisasi di bidang Data Science dan Artificial Intelligence dari Don Mariano Marcos Memorial State University, Filipina.

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat dan dinamis telah mengubah sebagian besar aspek kehidupan dari sistem konvensional menjadi sistem digital yang terintegrasi dan otomatis. Perubahan ini dikenal sebagai Revolusi Industri 4.0. Era revolusi industri 4.0 dalam dunia teknologi informasi dan komputasi memiliki banyak tantangan dan ancaman. Namun, era ini juga menyimpan banyak peluang besar untuk mencapai suatu tujuan yang bernilai tinggi, terutama di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini. Peluang-peluang tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencapai suatu tujuan apabila tantangan dan ancaman yang ada dapat dihadapi dan diselesaikan dengan pendekatan ilmu komputer yang tepat berbasis teknologi informasi.

Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak keterbatasan dalam pelayanan kesehatan di tengah keterbatasan sumber daya. Keterbatasan tersebut antara lain sistem pelayanan kesehatan yang tidak efisien dan tidak efektif sehingga meningkatkan waktu tunggu pasien, sumber daya yang terbatas sehingga menyebabkan keterlambatan proses pengobatan dan/atau terbatasnya ketersediaan aplikasi kesehatan di negara berkembang saat ini. Dengan demikian, pendekatan Artificial Intelligence berbasis Big Data Analytics dipandang dapat dikembangkan untuk membantu pengambilan keputusan di masa depan.

Berdasarkan situasi tersebut, Fasilkom-TI perlu mendapatkan gambaran situasi terkini mengenai perkembangan teknologi Artificial Intelligence dari sudut pandang pakar internasional yang tepat dan mumpuni. Hal inilah yang mendorong Fasilkom-TI mengundang Assoc. Prof. Dr. Alvin Maclidem dari Don Mariano Marcos Memorial State University untuk menyampaikan hal tersebut kepada mahasiswa, dosen dan peneliti di Fasilkom-TI. Materi yang disampaikan ditekankan pada tema "Data Analytics and Data Analytics for Big Data".

Kuliah tamu yang dihadiri oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Big Data Analytics ini dibuka oleh Indra Aulia, S.T., M.Kom. selaku moderator sekaligus dosen Fasilkom-TI pada mata kuliah Arsitektur Data. Selanjutnya, materi yang disampaikan berfokus pada materi pembelajaran keilmuan data analytics dalam kaitannya dengan Big Data. Setelah penyampaian materi, diadakan sesi tanya jawab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait materi yang disampaikan.

Dengan dilaksanakannya World Class Visiting Professor di Fasilkom-TI ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa, dosen, dan peneliti di USU khususnya di Fasilkom-TI dalam memahami konsep Data Analytics in Relation to Big Data, meningkatkan kualitas perkuliahan khususnya pada mata kuliah Big Data Analytics. Selain itu, agar mahasiswa dapat mengambil pengalaman dari penelitian-penelitian narasumber yang berkaitan dengan Information Security Management.

Diharapkan kegiatan ini dapat memperluas wawasan mahasiswa, dosen, dan peneliti di USU khususnya di Fasilkom-TI dalam meningkatkan kolaborasi dalam mengembangkan penelitian baik nasional maupun internasional yang bermanfaat bagi ranah keilmuan lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung serta meningkatkan kualitas perkuliahan khususnya pada mata kuliah Big Data Analytics.