Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Kuliah Tamu dengan mengundang Praisan Padungweang, Ph.D. dari College of Computing, Khon Kaen University, Thailand

Medan, Humas Fasilkom-TI  Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara (Fasilkom-TI USU) menyelenggarakan program World Class Visiting Professor dengan melaksanakan Kuliah Tamu pada hari Rabu - Jumat, 24 - 26 November 2021 secara daring (ZOOM). Kuliah tamu kali ini mengundang Praisan Padungweang, Ph.D. dari College of Computing, Khon Kaen University untuk mengajar mata kuliah Machine Learning.

Perkembangan teknologi informasi yang cepat dan dinamis telah mengubah sebagian besar aspek kehidupan dari sistem konvensional menjadi sistem digital yang terintegrasi dan otomatis. Perubahan ini dikenal sebagai Revolusi Industri 4.0. Era revolusi industri 4.0 dalam dunia teknologi informasi dan komputasi memiliki banyak tantangan dan ancaman. Namun, era ini juga menyimpan banyak peluang besar untuk mencapai suatu tujuan yang bernilai tinggi, terutama di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini. Peluang-peluang tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencapai suatu tujuan apabila tantangan dan ancaman yang ada dapat dihadapi dan diselesaikan dengan pendekatan ilmu komputer berbasis teknologi informasi yang tepat. Dengan demikian, pendekatan Artificial Intelligence berbasis Big Data Analytics dipandang dapat dikembangkan untuk membantu pengambilan keputusan di masa depan.

Berdasarkan situasi tersebut, Fasilkom-TI perlu mendapatkan gambaran situasi terkini mengenai perkembangan teknologi Artificial Intelligence dari sudut pandang pakar internasional yang tepat dan mumpuni. Hal inilah yang mendorong Fasilkom-TI mengundang Praisan Padungweang, Ph.D. dari College of Computing, Khon Kaen University, Thailand untuk menyampaikan hal tersebut kepada mahasiswa, dosen dan peneliti di Fasilkom-TI USU.

Kuliah tamu yang dihadiri oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Machine Learning ini dibuka oleh Dr. Erna Budhiarti Nababan, M.IT. selaku moderator sekaligus dosen Fasilkom-TI yang mengampu mata kuliah Machine Learning. Selanjutnya, materi pembelajaran yang disampaikan oleh pemateri berfokus pada Data Analytics dan Data Analytics for Big Data. Setelah penyampaian materi, diadakan sesi tanya jawab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait materi yang disampaikan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan World Class Visiting Professor di Fasilkom-TI ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa, dosen dan peneliti di USU, khususnya di Fasilkom-TI dalam memahami konsep-konsep Artificial Intelligence dan Data Analytic dalam permasalahan di era Big Data.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memperluas wawasan mahasiswa, dosen dan peneliti di USU khususnya di Fasilkom-TI dalam meningkatkan kerjasama dalam mengembangkan penelitian nasional maupun internasional yang bermanfaat bagi ranah keilmuan lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung serta meningkatkan kualitas perkuliahan khususnya di bidang Artificial Intelligence dan Data Architecture.