Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Dalam Rangka Menambah Wawasan Dosen dan Mahasiswa Fasilkom-TI Mengenai Paten, Fasilkom-TI Adakan Workshop Patent Management for Software and Hardware Prototype

Medan, Humas Fasilkom-TI — Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara (Fasilkom-TI USU) menyelenggarakan workshop bertajuk "Patent Management for Software and Hardware Prototype" pada hari Kamis 28 Oktober 2021, melalui platform daring (Zoom). Workshop ini mengundang Bapak Baihaqi Siregar S.Si., MT, salah satu dosen Fasilkom-TI dengan berbagai prestasi dan penemuan yang telah dipatenkan.

Dosen dan juga mahasiswa sarjana / magister / doktoral melakukan penelitian untuk memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu kontribusi tersebut adalah invensi. Invensi adalah ide inventor (satu atau beberapa orang) yang dituangkan ke dalam suatu kegiatan pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi yang berupa produk atau proses, atau penyempurnaan dan pengembangan produk atau proses. Penemuan ini mendapat perlindungan dari negara yang disebut paten.

Salah satu target dari Rencana Strategis USU 2020-2024 adalah terlaksananya penelitian dan penulisan hasil kerjasama internasional serta perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) di berbagai negara, dengan salah satu program kerjanya adalah peningkatan publikasi karya ilmiah dan inovasi. Fasilkom-TI mendorong para dosen dan mahasiswa program sarjana/magister/doktor untuk dapat meningkatkan hasil luaran penelitiannya yang berkaitan dengan prototipe perangkat lunak dan perangkat keras ke bentuk hak kekayaan intelektual yang lain, yaitu paten sederhana. Hal inilah yang mendorong diselenggarakannya Workshop "Patent Management for Software and Hardware Prototype".

Workshop ini diselenggarakan pada hari Kamis, 28 Oktober 2021. Dibuka dan dihadiri oleh Wakil Dekan III Fasilkom-TI, Bapak Romi Fadillah Rahmat B.Comp.Sc., M.Sc. workshop ini juga dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Fasilkom-TI sebagai peserta. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber, materi yang disampaikan oleh narasumber antara lain pengetahuan tentang Paten, template dokumen untuk permohonan paten, informasi tempat pengajuan paten, dan melihat daftar dokumen pembanding untuk mengecek kebaruan invensi. Setelah pemaparan materi, diadakan sesi tanya jawab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para peserta terkait materi.

Dengan diadakannya Workshop "Patent Management for Software and Hardware Prototypes" ini, diharapkan dapat menambah wawasan para dosen dan mahasiswa Fasilkom-IT mengenai paten, cara pengurusan paten untuk perangkat keras dan perangkat lunak, termasuk pengarsipan dan cara memeriksa kebaruan invensi yang akan dipatenkan dengan cara memeriksa dokumen pembanding yang telah didaftarkan.

Diharapkan dengan adanya Workshop "Patent Management for Software and Hardware Prototypes" ini dapat menjadi sarana untuk mendorong para dosen dan mahasiswa Fasilkom-IT untuk dapat meningkatkan hasil luaran penelitiannya ke dalam bentuk hak kekayaan intelektual yang lain, yaitu paten sederhana.