Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Jurnal Bereputasi

Medan, Humas Fasilkom-TI — Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara (Fasilkom-TI USU) menyelenggarakan pelatihan bertajuk "Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Jurnal Bereputasi" pada hari Jumat, 29 Oktober 2021 bertempat di Ruang Seminar S-1 TI Gedung C Lantai 2, yang diselenggarakan secara luring (offline) dengan mengikuti protokol kesehatan dan peserta yang terbatas. Workshop ini mengundang salah satu dosen Fasilkom-TI, Dr. Amalia, S.T., M.T. sebagai narasumber yang telah mempublikasikan berbagai karya ilmiah di jurnal bereputasi.

Karya ilmiah merupakan tulisan tentang pokok pikiran, perkembangan, dan hasil kajian/penelitian yang salah satunya disusun oleh dosen baik secara perorangan maupun kelompok, yang membahas suatu pokok bahasan keilmuan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan menuangkan gagasan tertentu melalui identifikasi, tinjauan pustaka, metodologi, sintesis, deskripsi, analisis, evaluasi, simpulan, dan saran pemecahannya.

Sebagai seorang akademisi yang terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satu kewajiban seorang dosen adalah melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hasil dari penelitian tersebut diharapkan dapat dipublikasikan dalam bentuk karya tulis ilmiah yang dipublikasikan baik secara nasional maupun internasional.

Workshop dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Oktober 2021 yang dibuka dan dihadiri oleh Wakil Dekan III Fasilkom-TI, Bapak Romi Fadillah Rahmat, B.Comp.Sc., M.Sc. Workshop ini juga dihadiri oleh para dosen Fasilkom-TI yang diundang sebagai peserta. Workshop dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ibu Amalia. Materi yang disampaikan oleh pemateri antara lain pengetahuan tentang jurnal dan prosiding konferensi, contoh karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di jurnal bereputasi, pentingnya sitasi, Impact Factor dan Quartiles, tip untuk menganalisa makalah referensi serta memeriksa dan memilih jurnal bereputasi untuk publikasi. Setelah pemaparan materi, diadakan sesi tanya jawab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para peserta terkait materi. 

Dengan diadakannya Workshop Penulisan Karya Ilmiah untuk Jurnal Bereputasi ini, diharapkan dapat menambah wawasan Dosen Fasilkom-TI mengenai karya ilmiah, sitasi, pemilihan jurnal bereputasi, cara mereview dan menganalisa sebuah karya ilmiah yang akan digunakan sebagai referensi, informasi untuk mengecek kualifikasi jurnal yang berkaitan dengan Impact Factor dan Quartile, serta pentingnya indikator tersebut dalam pemilihan sebuah jurnal.

Diharapkan dengan adanya Workshop Penulisan Karya Ilmiah untuk Jurnal Bereputasi ini dapat menjadi sarana untuk mendorong para dosen Fasilkom-TI untuk dapat meningkatkan publikasi karya ilmiah pada jurnal bereputasi, dari penelitian yang telah dilakukan.