Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Workshop Pembuatan Data Source Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat DRPM Untuk Meningkatkan Program Pengabdian Kepada Masyarakat di Fasilkom-TI

Medan, Humas Fasilkom-TI  Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara (Fasilkom-TI USU) mengadakan workshop bertajuk "Membuat Data Source Proposal Pengabdian Masyarakat DRPM" pada hari Selasa, 30 November 2021 di Ruang Rapat Program Studi Magister Sains Data dan Kecerdasan Buatan, Gedung E, lantai 2, Fasilkom-TI, yang dilaksanakan secara offline dengan mengikuti protokol kesehatan dan dengan jumlah peserta yang terbatas. Workshop ini mengundang Ibu Prof. Elisa Julianti, MSi, Wakil Dekan 3 Fakultas Pertanian. Beliau adalah seorang yang sangat berpengalaman dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat, beliau juga merupakan reviewer penelitian di Lembaga Penelitian USU dan reviewer pengabdian DRPM Dikti sejak tahun 2011.

Sebagai seorang akademisi yang terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satu kewajiban seorang dosen adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan Program Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi, mengembangkan model pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kondisi setempat, meningkatkan kapasitas pengabdian kepada masyarakat, memberikan solusi berbasis analisis situasi sesuai dengan kebutuhan, tantangan atau permasalahan yang ada di masyarakat, melaksanakan kegiatan yang mampu memberdayakan masyarakat pada semua strata ekonomi, politik, sosial, dan budaya, serta melakukan alih teknologi, ilmu pengetahuan, dan seni kepada masyarakat demi pengembangan harkat dan martabat manusia yang berkeadilan gender, inklusi sosial, serta kelestarian sumber daya alam.

Workshop ini dibuka dan dihadiri oleh Wakil Dekan III Fasilkom-TI, Bapak Romi Fadillah Rahmat, B.Comp.Sc., M.Sc. Workshop ini juga dihadiri oleh dosen-dosen Fasilkom-TI yang diundang sebagai peserta. Workshop dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Materi yang disampaikan antara lain pengetahuan mengenai program PKM, fokus PKM saat ini, skema-skema PKM yang meliputi tujuan, metode, persyaratan, besaran dana untuk masing-masing skema, bagaimana membuat proposal PKM yang baik, apa saja yang boleh dan tidak boleh dicantumkan dalam proposal PKM, serta proses penilaian proposal PKM yang terdiri dari seleksi administrasi dan substansi. Setelah presentasi, diadakan sesi tanya jawab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para peserta mengenai materi yang disampaikan.

Workshop ditutup dengan pemberian plakat kepada pembicara, sebagai bentuk ucapan terima kasih dan kenang-kenangan dari Fasilkom-TI serta sesi foto bersama.

Dengan diadakannya Workshop Membuat Data Source Proposal Pengabdian Masyarakat DRPM ini diharapkan dapat menambah wawasan para dosen mengenai program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan bagaimana cara membuat proposal PKM yang baik sehingga peluang untuk diterima semakin tinggi.

Diharapkan Workshop Membuat Data Source Proposal Pengabdian Masyarakat DRPM Sumber Pendanaan DRPM ini dapat menjadi sarana untuk mendorong para dosen agar dapat meningkatkan program pengabdian kepada masyarakat, sebagai ketua maupun anggota untuk berbagai skema PKM yang dapat dilaksanakan, mengingat fokus PKM saat ini banyak melibatkan teknologi informasi.