Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Webinar ToT Related to Data Science dan Intelligent System Dorong Dosen dan Mahasiswa Fasilkom-TI Mampu Agar Membuat Penelitian Inovatif Terkait Bidang Data Science dan Intelligent System

Medan, Humas Fasilkom-TI  Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara (Fasilkom-TI USU) menyelenggarakan webinar bertajuk "ToT Related to Data Science and Intelligent Systems" pada hari Senin (22/11) melalui platform daring (Zoom Meeting). Webinar ini mengundang Bapak Dr. Mardhani Riasetiawan, S.E. Ak, M.T., kepala laboratorium Riset Sistem & Jaringan Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada, yang berfokus pada penelitian di bidang Big Data dan IoT, serta memiliki beberapa publikasi di bidang terkait dan juga merupakan dosen Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika, FMIPA UGM.

Saat ini dunia dihadapkan pada euforia industri 4.0 yang ditandai dengan penggabungan teknologi otomasi dan teknologi siber. Big Data dan Artificial Intelligence merupakan dua topik yang mengemuka dalam industri 4.0. Big Data adalah kumpulan data yang sangat besar yang memiliki karakteristik tertentu yang tidak dapat diproses menggunakan satu komputer konvensional. Data Science dan Intelligent Systems, khususnya Big Data, merupakan bidang keilmuan yang terus berkembang di dunia IT. Hal ini dikarenakan penerapan bidang-bidang tersebut memiliki peran besar dalam membantu kehidupan sehari-hari. Dengan menganalisis big data, para pengembang sistem dapat mengetahui penyebab dari suatu gangguan sistem secara real time, analisa big data juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat.

Big Data merupakan salah satu bidang yang menjadi fokus penelitian para dosen dan mahasiswa sarjana / magister / doktoral Fasilkom-TI. Fasilkom-TI juga memiliki laboratorium riset yang dapat digunakan untuk mendukung penelitian terkait bidang ini. Oleh karena itu, perlu diadakan webinar untuk mengetahui tren big data saat ini, untuk dapat menambah pengetahuan dosen dan mahasiswa Fasilkom-TI agar dapat menciptakan inovasi-inovasi kreatif yang dibutuhkan masyarakat.

Webinar berlangsung selama kurang lebih 2 jam 30 menit dan dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Fasilkom-TI sebagai peserta. Webinar diawali dengan pembukaan dari moderator, yang dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait pengenalan data science dan intelligent system. Materi yang disampaikan oleh pembicara meliputi pengenalan data science dan intelligent system, penjelasan mengenai penelitian-penelitian yang sudah atau sedang dikembangkan di bidang terkait, tren penelitian di bidang big data, pengenalan sumber daya laboratorium penelitian yang terkait dengan salah satu laboratorium di Fasilkom-TI, yaitu laboratorium Riset Data Science, Intelligent System, dan Rekayasa Perangkat Lunak yang dapat digunakan untuk melakukan penelitian di bidang terkait. Setelah pemaparan materi, diadakan sesi tanya jawab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para peserta terkait materi.

Dengan diadakannya Webinar ToT Terkait Data Science dan Intelligent System ini, diharapkan dapat menambah wawasan para dosen dan mahasiswa Fasilkom-TI terkait data science, intelligent system, big data, tren penelitian big data saat ini dan fasilitas laboratorium mana saja yang dapat digunakan terkait penelitian di bidang tersebut.

Diharapkan webinar ini dapat menjadi sarana untuk mendorong dosen dan mahasiswa Fasilkom-TI untuk dapat membuat penelitian yang inovatif terkait bidang data science dan intelligent system, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga nantinya dapat dikembangkan lebih lanjut untuk menjadi trend tersendiri.