Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Wisuda Luring Pertama Fasilkom-TI Pasca Pandemi Covid-19.

Medan, Humas Fasilkom-TI — Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan wisuda secara luring untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 di Indonesia. Wisuda ini diselenggarakan di Auditorium USU selama dua hari, 22 - 23 November 2021 dan dibagi menjadi 4 sesi. Sesi 1 dan 2 dilaksanakan pada hari pertama, sedangkan sesi 3 dan 4 dilaksanakan pada hari kedua.

Acara wisuda dibuka oleh Rektor Universitas Sumatera Utara, Dr. Muryanto Amin S.Sos, M.Si. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati. Rektor berharap agar ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan, meskipun sebagian dilakukan secara daring, dapat menjadi bekal yang sangat berarti bagi kehidupan. "Semoga hasil yang saudara peroleh selama masa studi dapat menjadi jembatan untuk meraih pekerjaan yang diinginkan, atau mengantarkan saudara ke jenjang studi yang lebih tinggi," lanjut Rektor.

Jumlah wisudawan periode I tahun akademik 2021/2022 sebanyak 2.495 orang, terdiri dari 23 orang lulusan doktor, 275 orang lulusan magister, 30 orang lulusan pendidikan dokter spesialis, 31 orang lulusan doktor magister, 384 orang lulusan pendidikan profesi, 1.555 orang lulusan sarjana, dan 197 orang lulusan diploma. Mereka telah menyelesaikan studi mulai dari Agustus - Oktober 2021. Dari total jumlah tersebut, 813 (32,59%) di antaranya adalah laki-laki, dan 1.682 (67,41%) di antaranya adalah perempuan. Dengan diwisudanya 2.495 orang wisudawan ini, maka jumlah total lulusan USU menjadi 231.540 orang.

Dari 2.495 wisudawan yang diwisuda hari ini, 54 orang di antaranya merupakan lulusan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi USU (Fasilkom-TI USU). Dari 54 wisudawan tersebut, 49 orang merupakan lulusan sarjana, yang terbagi atas 32 orang dari Program Studi Teknik Informatika dan 11 orang dari Program Studi Ilmu Komputer. Selain itu, sebanyak 2 orang wisudawan berasal dari Program Magister Informatika, dan 3 orang wisudawan berasal dari Program Doktor Ilmu Komputer.

Lebih lanjut, Rektor memberikan beberapa pesan kepada seluruh wisudawan. Pertama, para wisudawan harus bangga menjadi alumni USU. Saat ini Green Campus USU telah mendapat pengakuan internasional sebagai PTN-BH dan kampus terbaik di Indonesia, khususnya di kawasan Indonesia bagian barat. Universitas Sumatera Utara telah mendapatkan beberapa kali pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemeringkatan internasional. Untuk pertama kalinya, pada tahun 2021 USU berhasil masuk dalam pemeringkatan kampus terbaik dunia menurut QS World Rankings, dengan menduduki peringkat 1201+ dunia.

Kedua, para wisudawan harus mampu menyampaikan informasi kepada program studi dan fakultas tentang aktivitas lulusan di dunia kerja setelah lulus, tanpa pernah berhenti. USU telah mengembangkan platform tracer study yang memungkinkan para alumni untuk menyampaikan perkembangan kerja di mana saja.

Ketiga, para alumni harus menjadi alumni yang memiliki motivasi yang kuat di dunia kerja karena pasar kerja saat ini merupakan pasar tenaga kerja yang sangat kompetitif. Para alumni harus terus bertransformasi untuk merespons tiga disrupsi yang melanda kehidupan dalam waktu yang bersamaan, yaitu perubahan iklim, revolusi industri 4.0, dan pandemi Covid-19. Terakhir, para alumni harus selalu berteman dengan berbagai orang yang berasal dari berbagai disiplin ilmu dan bergaul dengan industri yang ada.