Slide One
Slide One
Slide Four

Teknologi Informasi usu mendapatkan akreditasi unggul

Slide Four
Slide Two

Dua Mahasiswa Fasilkom-TI Raih Beasiswa IISMA 2021

Slide Two
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
SelamatMhsIISMA2023.jpeg
Slide Three

Kuliah Umum Machine Learning Application on Satellite Image

Slide Three
banner1.jpg
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI MERAIH PENGHARGAAN PROGRAM STUDI BERPRESTASI DALAM IKU 2020
banner1.jpg
previous arrow
next arrow

Fasilkom-TI USU Menerima Tim Kunjungan untuk Calon Tuan Rumah PIMNAS ke-34

MEDAN, HUMAS Fasilkom-TI – Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) Universitas Sumatera Utara (USU), Sabtu (25/05/2021) menerima kunjungan Tim Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan visitasi terkait pengajuan USU sebagai tuan rumah PIMNAS ke-34. Kegiatan daring dan luring ini dihadiri oleh Koordinator Pokja Dikti, Rizal Alfian, S.Kom., M.A., Dr. Fajar Priyatama dari Direktorat Belmawa Kemdikbud Ristek, Ketua Dewan Juri Pimnas, Dr. Indwiani, Dr. Suherman dari UGM, Sekretaris Pokja Dikti, Tri Isti, Wakil Rektor USU, para staf ahli rektor, dan para dekan di lingkungan USU.

Sebagai persiapan menjadi tuan rumah PIMNAS tahun 2021, tim juga telah mempersiapkan tema kegiatan, yaitu "Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi untuk Inovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal".

USU mempercayakan Fasilkom-TI dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) sebagai pusat penyelenggaraan PIMNAS ke-34. Dekan Fasilkom-TI, Dr. Maya Silvi Lydia, M.Sc. mengatakan bahwa Fasilkom-TI telah menyiapkan 17 ruang penjurian dan 1 ruang panitia yang akan ditempatkan di Gedung C dan Gedung D Fasilkom-TI. Selain itu, Fasilkom-TI juga telah menyiapkan tim khusus untuk persiapan PIMNAS ke-34 yang akan dibimbing secara intensif. Dr. Maya Silvi Lydia, M.Sc. berharap dengan persiapan ini, banyak kandidat dan prestasi yang akan tercipta di masa mendatang.

Wakil Rektor I, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A. sangat puas dengan persiapan yang telah dilakukan oleh Fasilkom-TI. Beliau mengatakan, "Semoga fasilitas kerja yang luar biasa ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan karena ini merupakan ajang nasional yang sangat bergengsi dan sangat dinantikan oleh perguruan tinggi di Indonesia dan mahasiswa yang akan berkompetisi di PIMNAS ke-34 kali ini."

"Ada waktu kurang lebih empat bulan hingga akhir Oktober bagi kami, khususnya Fasilkom-TI untuk mempersiapkan secara detail segala sesuatu yang berkaitan dengan PIMNAS kali ini," pungkas Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A.

Kunjungan ini juga dihadiri oleh Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M.. Dalam sambutannya, beliau mendukung penuh USU sebagai tuan rumah. Beliau mengatakan bahwa merupakan suatu kehormatan dapat menyelenggarakan PIMNAS ke-34 di Medan. "Suatu kehormatan bagi saya menyambut baik PIMNAS yang diselenggarakan di Medan. Saya sangat yakin USU mampu menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik karena didukung oleh fasilitas yang lengkap. Pemerintah Kota Medan sangat berkomitmen membantu USU. Hal ini telah dibuktikan dengan banyaknya kerjasama yang dilakukan antara Pemko Medan dengan USU," katanya.

Ia juga mengucapkan selamat datang kepada tim juri yang berkunjung ke USU. Ia berharap tim juri merasa nyaman berada di Medan. Ia menggambarkan Medan sebagai lokasi yang tepat untuk penyelenggaraan kegiatan ini.

"Saya berharap para tamu yang hadir akan merasa nyaman dan betah di Medan, karena Medan sejatinya adalah sumber kebahagiaan. Oleh karena itu, saya sangat berharap USU dapat menjadi tuan rumah yang baik. Ini juga merupakan kesempatan bagi saya untuk bisa mengikuti PIMNAS, karena dari dulu saya memang ingin sekali mengikuti PIMNAS saat menjadi mahasiswa, namun tidak kesampaian. Kalau USU jadi tuan rumah, setidaknya saya masih bisa ikut walaupun hanya diundang sebagai wali kota," ujarnya sambil tertawa. (HP)